Mengamankan Rumah Selama Mudik Lebaran

Mengamankan Rumah Selama Mudik Lebaran

Tak terasa mudik Lebaran tahun ini sudah tiba, hal ini sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat di Indonesia.

Apapun tujuan mudik kamu, baik untuk merayakan hari raya bersama sanak saudara dikampung halaman tercinta, mengunjungi kerabat terdekat kamu atau bahkan hanya sekedar berwisata ke tempat-tempat wisata favorit kamu. Hal yang pasti dilakukan selama berlibur adalah meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk waktu yang lumayan cukup lama. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum meninggalkan rumah dan pergi berlibur.


1. Lampu Penerangan di Waktu Malam
1. Lampu  Penerangan di Waktu MalamPastikan sebelum pergi liburan, sebaiknya kamu mengganti beberapa lampu dibagian rumah yang sekiranya menunjang kondisi penerangan disekitar rumah dengan lampu berteknologi sensor cahaya sehingga secara otomatis menyala saat gelap. Jika kamu tak sempat melakukannya, cukup hidupkan lampu-lampu dibagian luar rumah. Hal ini bertujuan agar rumah kamu tetap terang saat malam, sehingga lebih terpantau oleh tetangga kanan dan kiri rumah yang kebeneran lagi tidakmudik atau minimal kamu tidak bikin satpam komplek ‘melambaikan tangan’ sewaktu lewat depan rumah kamu. Hehehe.

2. Kondisikan Hewan Kesayangan
2. Kondisikan Hewan Kesayangan Jika kamu salah satu pencinta binatang dan memiliki salah satu hewan peliharaan dan tidak bisa dibawa mudik, pastikan hewan peliharaan kamu terawat dengan baik. Jika kamu memiliki orang kepercayaan yang bertanggung jawab (bisa tetangga, teman atau kerabat) dan tidak masalah buat kamu repotin untuk mengurus hewan kesayangan kamu, mintalah pertolongannya untuk merawat hewan kesayangan kamu beserta segala perlengkapannya. Tetapi, jika tak ada orang yang bisa kamu harapkan kamu bisa menitipkan hewan kesayangan kamu ditempat penitipan hewan (PET Hotel) yang semakin menjamur selama mudik lebaran tiba.

3. Putus semua Hubungan
3. Putus semua  Hubungan Oopss… sabar dulu, yang dimaksud disini bukan hubungan silaturahmi yaa.. tapi hubungan antara semua peralatan listrik dengan kontak listrik rumah kamu, seperti kulkas, televisi, kipas angin dan lain-lain. Jangan lupa cek kondisi tuas kompor gas kamu diposisi OFF dan lepaskan sambungan antara kompor dan selang tabung gas.

4. Lapor dengan Perangkat Desa,RT atau Tim Keamanan
4. Lapor dengan Perangkat Desa,RT atau Tim KeamananKita sangat beruntung tinggal dinegara yang mengenal gotong royong, jadi momen pengamanan mudik lebaran pun sudah menjadibest service-nya perangkat Rukun Tetangga (RT) dan satpam-satpam komplek untuk membantu menjaga rumah kamu saat kamu sibuk bermacet-macet ria dimudik lebaran. So, pastikan kamu sudah lapor yah sama pak RT dan pak Satpam mengenai jadwal mudik kamu dan keluarga serta jangan lupa tinggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi jika dalam kondisi darurat.

Itulah sedikit tips yang semoga menambah ‘konsen’ persiapan mudik kamu tahun ini. Jangan lupa kunci jendela sama pintu kamu, tetap berkendara dengan baik dan aman, semoga selamat sampai tujuan. Happy Holiday!

Artikel Terkait

adhieyatm KSDC Lain-Lain Ramadhan

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a Reply