Tetap Segar dibulan Puasa ala AdhieyatM

Tetap Segar dibulan Puasa ala AdhieyatM

Sebagai pemeluk agama Islam tentunya sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim untuk menjalankan puasa dibulan Ramadhan. Tentunya ketika berpuasa kita akan mengalami perubahan kondisi metabolisme tubuh dengan kapasitas kerja atau aktifitas yang sama.

Hal ini dapat menyebabkan anda mengalami dehidrasi dan tingkat kelelahan yang lebih tinggi dibanding ketika anda sedang tidak berpuasa, berikut tips sederhana yang bisa anda lakukan agar anda tetap merasa segar dan bersemangat saat beraktifitas meski sedang dalam kondisi berpuasa

1. Atur Waktu Sahur Anda
1. Atur Waktu Sahur Anda Sudah menjadi rukun menjalankan puasa jika puasa harus diawali dengan bersahur. Yakni menyantap makanan sebelum waktu puasa dimulai, biasanya aktifitas sahur dilakukan beberapa jam sebelum tiba waktu Imsak. Namun, sebaiknya lakukan santap sahur anda diwaktu yang paling mendekati jadwal imsak untuk memaksimalkan metabolisme tubuh anda dalam satu hari berpuasa. Pastikan anda memiliki jadwal waktu imsak dan berbuka untuk daerah kota anda tinggal, karena waktu Imsak dan berbuka puasa akan berganti setiap harinya.

2. Konsumsi Makanan berserat dan Mengandung Air yang Cukup
2. Konsumsi Makanan berserat dan  Mengandung Air yang CukupAturlah menu makan anda selama menjalani ibadah puasa dibulan Ramadhan. Seimbangi kondisi asupan serat dan protein yang anda konsumsi untuk menjaga tubuh anda tetap dalam kondisi yang prima. Perbanyaklah makan sayur dan buah ketika anda bersahur atau berbuka puasa. Jika anda tidak sempat mengkonsumsinya pastikan anda menyiapkan suplemen serat tambahan. Hindari makanan yang terlalu pedas dan berminyak, karena akan menggangu kenyamanan anda ketika berpuasa. Kandungan minyak yang berlebih akan menyebabkan panas dalam juga dapat menyebabkan iritasi tenggorokan.

3. Tetap Berolah raga
3. Tetap Berolah ragaMeski anda sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Bagilah waktu anda untuk tetap berolahraga guna mengeluarkan racun dalam tubuh anda. Dengan berolahraga anda membantu proses detoksifikasi tubuh yang anda lakukan sewaktu berpuasa. Lakukan olahraga diwaktu setelah berbuka puasa, 2 jam setelah makan atau setelah anda menunaikan shalat tarawih. Hindari olahraga yang terlalu menguras energi, cukup sekedar pemanasan dengan sparing partner anda satu atau dua set (jika olah raga seperti badminton atau futsal) atau 1 jam jika anda berolahraga pada spot fitness.

4. Luangkan sedikit waktu untuk beristirahat saat Berpuasa
4. Luangkan sedikit waktu untuk  beristirahat saat BerpuasaAda baiknya ketika menjalankan puasa diisi dengan segala aktifitas yang mengundang pahala bagi kita, namun ada kalanya diantara kita tidak bisa meninggalkan aktifitas pekerjaan bahkan harus bersedia menambah lembur untuk kerjaan yang sangat darurat. Hal ini bisa dimaklumi selama tidak mengganggu puasa anda. Pastikan anda meluangkan 1 jam untuk beristirahat (tidur) agar tubuh anda bisa me-restart kondisi anda kembali ke kondisi yang optimal.

5. Sediakan Aroma terapi atau Wangi wangian
5. Sediakan Aroma terapi atau  Wangi wangianJika anda merasa kekurangan tenaga dan kehilangan energi saat berpuasa dan beraktifitas, alangkah baiknya anda menyimpan sebuah aroma terapi atau wangi-wangian untuk me-rileksasi otot anda dan menyegarkan indra-indra penciuman anda. Sehingga puasa anda tetap terjaga dan mood bekerja anda kembali tersulut.

Artikel Terkait

adhieyatm Ramadhan

Author: 
    author

    Related Post