Mengapa Harus Diet Kantong Plastik

Mengapa Harus Diet Kantong Plastik

Mengapa Harus Diet Kantong Plastik? – Pada 21 Februari 2016 bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HSPN), pemerintah menerapakan kantong plastik berbayar. Sehingga ketika anda berbelanja di mini market ataupun supermarket. Petugas di bagian kasir akan bertanya kepada anda tentang apakah anda membawa kantong belanjaan sendiri atau ingin menggunakan kantong plastik dari mini market atau supermarket tersebut yang dibandrol dengan harga 200-300 rupiah. Lalu apa yang akan anda pilih?

Jika anda ingin meminta saran dari kami. Kami menyarankan untuk membawa kantong belanjaan sendiri dari rumah, tentu saja pilihlah kantong belanjaan kain dan sejenisnya yang dapat digunakan berulang kali. Jangan menggunakan kantong kertas karena proses produksi kantong kertas justru mengorbankan lingkungan. Seperti banyaknya pohon yang harus ditebang dan energi yang harus digunakan untuk memproduksinya.

Mengapa Bawa Kantong Plastik Sendiri?

Pertama, anda akan lebih hemat. Beberapa dari anda mungkin berpikir jika harga 200-300 rupiah merupakan harga sepele dan anda tidak keberatan untuk itu. Tapi taukah anda misi dibalik peraturan kantong plastik berbayar ini? Tentu saja untuk mengurangi sampah kantong plastik yang ternyata memiliki waktu sangat lama untuk terurai mulai dari puluhan hingga ratusan tahun. Mengerikan bukan? bahkan usia manusia saja tidak selama itu. Belum lagi jumlah sampah kantong plastik ini bertambah setiap harinya.

Menurut Riset Greeneration, organisasi nonpemerintah, 1 orang di Indonesia rata-rata menghasilkan 700 kantong plastik per tahun. Kalikan saja dengan jumlah warga negara Indonesia yang lebih dari 200 juta penduduk. Hasilnya? Bahkan kami saja terlalu takut untuk mengetahuinya. Sampah kantong plastik ini memenuhi daratan bahkan lautan sehingga dapat mengancam keberlangsungan hidup seluruh makhluk yang ada di bumi. Masyarakat di negara maju sudah lebih dulu menggalangkan tentang kampanye diet kantong plastik ini. Jika di Indonesia tidak melakukannya saat ini, lalu kapan lagi? Yuk, diet kantong plastik!

Recent search terms:

  • artikel tentang kenapa harus memakai plastik

Artikel Terkait

2016 ayurachma Info KSDC

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a Reply